Mengubah Efek Perpindahan Halaman di Home dengan Aplikasi Barrel

Perpindahan antar halaman merupakan hal yang umum ketika melakukan pencarian aplikasi di iOS. Pada iOS 5, jumlah maksimal halaman yang bisa kamu gunakan adalah 13 halaman. Apabila kamu merasa kesulitan dalam mencari aplikasi, kamu juga dapat melakukan pencarian dengan melakukan perpindahan ke halaman yang berada pada bagian paling kiri di mana kamu akan menemukan Spotlight yang digunakan untuk mencari segala hal di iOS.
Perpindahan antar halaman dapat dengan mudah kamu lakukan hanya dengan melakukan swipe ke kiri ataupun ke kanan. Lalu apa yang kurang dari hal ini? Menurut saya pribadi, perpindahan antar halaman yang dimiliki iOS itu terlalu monoton. Seorang developer Cydia yang bernama Aaron Ash (@aaronash) agaknya merasakan hal yang sama, dan akhirnya memutuskan untuk membuat suatu tweak animasi grafis yang muncul tiap kali kamu melakukan perpindahan antar halaman pada Homescreen. Tweak ini dinamakan Barrel.

Fitur

Selesai instalasi, Barrel akan memberikan ikon tambahan pada Homescreen kamu. Di dalamnya terdapat pilihan animasi grafis yang bisa kamu pilih dan gunakan. Aaron Ash juga membuat fungsi eksperimental yang digunakan untuk memperbaiki sebuah tweak bernama FolderEnhancher, fungsi ini tidak perlu kamu aktifkan apabila kamu tidak menggunakan tweak tersebut. Kemudian pada bagian bawah terdapat pilihan untuk menghilangkan ikon tambahan yang diberikan oleh Barrel, serta akun Twitter dari Aaron Ash.
Settings
Settings
Barrel mempunyai 18 animasi grafis yang dapat kamu pilih sesuka hati untuk memunculkan efek yang berbeda-beda tiap kali kamu melakukan perpindahan antar halaman. Animasi tersebut antara lain Cube (inside), Cube (outside), Page Slide Down, Page Slide Up, Curl and Roll Away, Curl and Roll Away (alternate), Vertical Scrolling, Page Fade, Stairs (down right), Stairs (down left), Page Squeeze, Icon Collection, Icon Scatter, Carousel, Flippy, Page Zoom, Pac-Man, Merry-Go-Round, Whirl. Kalau kamu bingung untuk memutuskan efek mana yang ingin kamu gunakan, kamu juga dapat memilih Random.

Kesimpulan

Barrel dapat kamu dapatkan seharga $2.99 pada repository BigBoss. Pada awal kemunculannya, memang Barrel seringkali menyebabkan crash pada Springboard. Namun di versi 1.6.2–1 ini, saya tidak lagi mengalami hal tersebut. Barrel dapat digunakan pada iPhone dan iPod touch mulai dari iOS 3 sampai dengan iOS 5, dan iPad mulai dari iOS 3.3 sampai dengan iOS 5. Pengaturan Barrel dapat kamu lakukan baik dari ikon tambahan Barrel, maupun lewat Settings.

0 komentar:

Posting Komentar